Hunian 68

26 December, 2012

Tips diet diabetes untuk anak


Anak di bawah usia 16 tahun biasanya menderita diabetes tipe 1. Tidak seperti orang dewasa, mereka tidak perlu menjalani diet ketat. Sebab diabetes tipe 1 disebabkan oleh pankreas yang tidak bisa memproduksi insulin.

Anak penderita diabetes sebaiknya hanya fokus pada makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kadar gula agar tetap di bawah kontrol. Memang tidak mutlak, tetapi setidaknya anak harus memahami dengan baik tentang kondisi tubuhnya yang merespon berbagai makanan sesuai kebutuhan insulin.

Purwa Duggal, ahli nutrisi dari PJ Hinduja Hospital, pun membagikan tips diet sehat untuk anak-anak diabetes. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Manajemen nutrisi penting dalam perawatan diabetes. Jadi sesuaikan jenis makanan dan nutrisi sesuai dengan tradisi, budaya, dan kebutuhan anak.
Tanamkan kebiasaan mengonsumsi makanan utama tiga kali sehari dan camilan sehat.
Jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dapat mempengaruhi tingkat gula darah, sehingga batasi asupan nutrisi tersebut demi mengontrol kadar gula dalam darah.
Anda tidak perlu melarang anak sepenuhnya untuk makan permen. Namun jangan terlalu berlebihan. Cari tahu juga bagaimana tubuh merespon konsumsi permen terhadap anak penderita diabetes.
Daripada mengonsumsi makanan olahan yang siap saji, sebaiknya beri anak daging alami, ikan, telur, kacang-kacangan, kentang, dan biji-bijian menyehatkan.
Pilih roti dan sereal berbahan gandum daripada tepung putih yang diproses dengan bahan kimia yang kurang menyehatkan.
Pastikan anak mendapat asupan energi dan semua nutrisi untuk mendukung pertumbuhan yang optimal.
Anda juga sebaiknya fokus pada cara untuk menjaga keseimbangan antara asupan energi dan pengeluarannya demi mencegah efek samping dari tindakan insulin yang tidak diinginkan.
Beri motivasi pada anak dan memastikan bahwa diet yang mereka jalani aman dan menyehatkan. Pastikan pula di mana saja anak berada, mereka tetap paham bagaimana cara menjalankan diet diabetesnya.
Demikian tips diet sehat untuk anak diabetes. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak sebab terkadang kebutuhan antara satu anak berbeda dengan yang lain.


Sumber

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS