Hunian 68

28 February, 2013

Rahasia di Balik Wallpaper Windows XP


Mungkin Anda merasa pernah melihat gambar di bawah ini entah di mana, atau setidaknya familiar. Tentu saja karena gambar di bawah ini merupakan foto pemandangan nyata dari  wallpaper default Windows XP. Membuat gambar ini menjadi salah satu yang paling banyak dilihat orang di seluruh dunia.


Banyak orang berpikir bahwa wallpaper Windows tersebut dibuat secara digital, padahal sebenarnya gambar tersebut berasal dari foto lembah Sonoma, California. Fotografer Chuck O’Rear mengambilnya sambil mengemudi sepanjang Highway 121. Dan tentu saja dia senang atas kerjanya tersebut. Sebagai seorang fotografer, ia menerima salah satu bayaran terbesar.
Chuck O’Rear


Gambar ini diperkirakan telah dilihat dan digunakan oleh miliyaran orang, bahkan beberapa pengguna Mac. Berbicara tentang foto yang Chuck ambil melalui pagar kawat dengan kamera genggamnya, ia berkata, “Fotografer ingin menjadi terkenal karena gambar yang mereka buat.
“Saya tidak ‘membuat’ ini. Saya hanya kebetulan berada di sana pada saat yang tepat dan memotretnya.” O’Rear telah menghabiskan 25 tahun berkeliling dunia untuk National Geographic dan telah mengambil gambar di 30 negara dan setiap negara bagian Amerika Serikat.



26 February, 2013

Film Hollywood Yang Menghina Indonesia


Mungkin Terlalu kasar kalo pake kata 'menghina', mungkin lebih tepatnya film barat yang di salah satu ceritanya berbicara soal 'keburukan-keburukan' yang ada di Indonesia .... sebagian fakta, sebagian di lebih-lebihkan, namanya juga pilem, mungkin karena si pembuat pilem bukan orang Indonesia jadi gak faham dengan keadaan di Indonesia, atau .... mungkin juga karena mereka benar-benar memahami Indonesia ... Berikut Film Hollywood Yang Menghina Indonesia, yaitu :

House (Serial TV)


Film seri di Starworld. Si dokter House lagi ngobatin anak yang sakit parah banget dibilang sama si dokter, kira-kira begini, “anak sakit parah begini tinggalnya pasti di Indonesia”.


Looking For Jackie Chan


Film yang menceritakan anak Indonesia keturunan China fans berat Jackie Chan hingga akhirnya ketemu sang idola. Anak ini memiliki sikap khas Indonesia, MELANGGAR ATURAN, diantaranya saat menerobos satpam & lari dari rumah (pergi ke rumah neneknya di Beijing tapi malah ga sampe tempat).


In The God Hand


Film tentang selancar dari Hawai ke Bali. Waktu itu ada peselancar-peselancar muda dari Amerika yang nyoba semua ombak yg ada di dunia. Saat itu di Lombok/Bali, ceritanya mereka ketangkep polisi Indonesia, trus polisinya disuap dengan cara “salaman dengan nempelin duit ke tangan polisi”. Lolos deh mereka.


Lethal Weapon 4


Dalam salah satu adegannya, Danny Glover memaki-maki dengan mimik khasnya, “Kapal bodoh ini dibuat oleh seorang yang berasal dari Indonesia”. Wah, ngeselin banget ya. Ceritanya imigran China yang diselundupkan pake kapal yang diatasnamakan sebuah perusahan di Indonesia, (tapi fiktif). Coba deh perhatikan waktu Mel Gibson and the geng lagi ngobrol di markas sebelum menyerbu Uncle Benny. 'Jadi, Indonesia digambarkan sebagai negara yang selalu bikin kacau”.


The Year Of Living Dangerously


Film ini berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi.Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan. Dimeriahkan oleh akting dari Mel Gibson dan Sigourney Weaver. Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak di ijinkan pemerintah di Jakarta. (tanya kenapa?). Hehehe. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah orang Bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga. Adegan yang paling terkenal sewaktu temennya Mel Gibson, Billy Kwan (ni artis cewek cuman di film ini main jadi cowok) ngegantungin spanduk di Hotel Indonesia (ceritanya) dengan tulisan SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE. Saat Oscar 1982, film ini menang untuk artis terbaik Linda Hunt.Fim ini gak cuman nyebutin Indonesia tapi tentang Indonesia. Jadi, dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai negara penuh konflik.


West Wing


Sebuah serial tv yang bersetting gedung putih, dengan tokoh Presiden Amerika fiktif President Bartlett (Martin Sheen) beserta stafnya. Salah satu episodenya menceritakan tentang kesibukan gedung putih dalam menerima kunjungan Presiden Indonesia (tentu fiktif juga) namanya Siguto (mungkin maksudnya Sugito, hahaha). Dari awal film ini Indonesia terus dijelek-jelekkan, sehingga sempat bikin kesel waktu nonton (hehehe), masa ada kalimat begini yang diucapkan seorang staf gedung putih kepada seorang staf gedung putih lainnya: “Hati-hati jangan bikin orang indonesia tersinggung, atau kepalamu akan dipenggal dan diarak keliling kota”. Staff yang memperingatkan itu bilang dia lihat di internet, trus staff yang satu lagi enggak percaya.

Jadi untungnya yang nonton West Wing juga emang gak diarahkan untuk percaya kalo Indonesia seprimitif itu. Belum lagi informasi yang salah tentang Indonesia. Digambarkan juga bahwa orang Indonesia adalah bangsa yang bodoh dan tak bisa berbahasa Inggris. Trus, ceritanya presiden Indonesia datang (dan lagi-lagi berwajah Jepang) namun gerak-gerik dan tata bahasanya mengingatkan kita sama presiden Gus Dur (Hehehe, gak tau sengaja apa enggak). Si pemeran bapak dan ibu Siguto sebagai Presiden R.I. ini cuman kebagian disorot dari belakang, yang penampilannya jadul abisss. Pak Presiden pake peci, istrinya pake kebaya dan dikonde hehehe. And mereka sipit bangetss, mungkin cari muka melayu susah, jadi sutradara menyamaratakan orang Asia gitu aja. Diceritain disini staff gedung putih kebingungan nyari translator karena mereka bilang Indonesia speaks in 300 different languages, dan dibilang kita gak punya bahasa Nasional. Disini ngaconya! Tambahan lagi staff Indonesia itu ceritanya orang Batak, dan kacaunya lagi namanya: Rahmahidi Sumahijo Bambang (lucunya waktu tuh bule ngucapin nih nama), mana nama bataknya? Kayaknya gak pernah denger ada orang Batak namanya Rahmahidi Sumahijo, orang Jawa aja kayaknya ga ada.

Ketika Presiden sedang konferensi pers, para stafnya pun melakukan pertemuan informal dan mereka pusing nyari translator karena ada 1 orang yang bisa Bahasa Batak, dan dia orang Portugis, tapi tuh orang ga bisa Bahasa Inggris, jadi di film ini ceritanya mereka nyari 2 orang akhirnya buat translate Inggris->Portugis, Portugis-> Batak. Mereka berusaha menjelaskan jika mereka akan membantu perekonomian Indonesia dengan syarat beberapa tahanan politik dibebaskan. Untungnya, ending film ini bagus. Ketika mereka bersusah payah berbicara Batak dan Portugis, tiba-tiba, staf indonesia yaitu si Bambang ini (yang ini mukanya emang melayu..ga tau apa Indonesia beneran..) itu bicara bahasa Inggris dan memaki-maki para staf gedung putih “Anda pikir kami bangsa yang bodoh?! Anda pikir kami tak tahu anda anggap apa bangsa kami dan apa anda pikir kami tak bisa berbahasa Inggris? Kami mengerti semua perkataan anda bahkan arah pidato presiden anda kami sangat paham. Tapi kami bangsa yang berdaulat. Jangan mentang-mentang anda negara kuat seenaknya saja mengatur kebijakan dalam Negeri kami. Urus saja urusan dalam negeri Anda. Dan satu hal, daripada kami mengikuti kemauan Anda, lebih baik kami tak usah dibantu sama sekali”. Bagus banget endingnya.

Sayang cuma di film ya…  :)


The Silence Of The Lambs


Dalam film yang thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini ada adegan dimana di sweater orang yang diculik kanibal itu tertulis “MADE IN INDONESIA”. Apakah image Indonesia sudah sebagai negara yang banyak penculikan atau karena kita produsen tekstil?


Sony Resmi Perkenalkan PS4



Sony secara resmi mengangkat tirai penutup PS4 dalam acara New York City hari ini. Membuktikan kepada para jurnalis, pengembang, dan kepada dunia bahwa rumor dan lelucon terbesar mereka tentang PS4 kini telah dihadirkan dalam sebuah kenyataan.
Konsol sama sekali tidak diperlihatkan oleh Sony dalam pertemuan yang berdurasi 2 jam tersebut, kita masih harus menunggu sampai musim liburan 2013. Peristiwa ini menandakan pengenalan sistem besar pertama bagi perusahaan yang berbasis di Jepang ini sejak PS3 diluncurkan pada tahun 2003.
Beberapa menit setelah acara jajak pendapat berjalan, akhirnya Sony Andrew House mengumumkan apa yang kita harapkan selama ini, kemudian Mark Cerny, arsitek pemimpin sistem, mengambil waktu dan tempat untuk mengungkap spesifikasi konsol.
Sony yang turut bekerjasama dengan para pengembang game, peserta dan pemirsa yang mencoba sejumlah judul game, kemungkinan akan cukup banyak membawa judul game yang ke konsol PS3.
Waktunya bermain
Mari lihat lebih dalam konsol tersebut: Konsol menggunakan prosesor delapan core, CPU AMD Jaguar x86-64. Membenamkan memori GDDR5 sebesar 8GB yang terpadu dan berkecepatan tinggi, sebuah PC GPU  “sangat maju” dengan “potensi jangka panjang yang luar biasa”.
Prosesor dibuat oleh AMD dan disebut sebagai “generasi selanjutnya dari mesin grafis Radeon” dalam siaran pasca-konferensi pers, menawarkan kemampuan menghitung 18 unit yang bersama-sama menghasilkan kekuatan pemrosesan 1.8 TFLOPS.
Kita juga akan melihat dukungan Blu-ray dan DVD di PS4, termasuk HDMI, Analog-AV, dan output digital optik.
Sony juga telah memasukkan chip kedua yang difungsikan khusus untuk upload dan download judul game, terlepas dari apakah sistem aktif atau nonaktif.
Dalam fungsionalitas, Sony memasukkan fitur suspend dan resumeyang dapat diakses dengan hanya menekan satu tombol power, membantu menghilangkan lag saat boot.
Pengguna dapat men-download  atau meng-upload permainan di balik layar, dan ini terbukti membantu. Dan Sony mengambil langkah agar pengguna tetap bisa bermain game sementara judulgame lain sedang loading.
Dibekali kamera  seperti Kinect, PlayStation 4 Eye berisi dua kamera dengan lensa wide-angle, mampu mengambil gambar 85 derajat diagonal. Piksel 1280x800 ternyata dapat memotong gambar pengguna yang ada di belakang dan  untuk mengenali wajah pengguna yang didepannya, karena untuk login ke konsol mereka menggunakan fungsi pengenalan wajah, sementara suara-suara dan gerakan-gerakan dapat berinteraksi dengan permainan dan menjadikannya lebih “lebih intuitif”.
Kami juga diperkenalkan pada kontroler baru DualShock 4 dengan fungsi touchpad yang dikemas khusus untuk sistem baru ini.
Sony mengatakan PS4 Eye dapat merasakan warna cahaya dari light bar pada kontroler dimana ini untuk memposisikan pemain-pemain yang berada dalam ruangan, dan mereplikasikan mereka di layar setelah merasakan lokasi mereka.
Sayangnya butuh waktu beberapa bulan lagi untuk kita benar-benar merasakan spesifikasi dan fitur ini dengan baik, namun Sony telah memberi kita sesuatu untuk bekal pengalaman ber-gaming kita di masa depan.

10 Stasiun Kereta Api dengan Arsitektur Termewah di Dunia


Kereta Api zaman kini telah menjadi sarana transportasi yang vital bagi masyarakat dunia,namun apa jadinya kereta api tanpa stasiun.Stasiun juga harus dibuat tidak kalah nyaman dengan kereta apinya.
Stasiun kereta dengan arsitektur bangunan yang canggih, futuristik, dan eksotis, mampu memberikan kesan yang mendalam serta kenyamanan bagi para penumpang. Inilah 10 stasiun kereta dengan arsitektur terbaik di dunia.

Langsung Aja Cekidot gan 
Spoilerfor #10 Berlin Hauptbahnhof, Jerman:
Berlin Hauptbahnhof adalah stasiun kereta terbesar di Eropa. Konstruksi bangunannya sangat modern, serta memilki arsitektur bangunan yang futuristik. Stasiun kereta ini selesai dibangun pada tahun 2006. Stasiun ini mempunyai 2 tingkat, 14 bagian serta 80 stand toko yang dibuat senyaman mungkin bagi para pengunjung mengingat stasiun ini adalah stasiun kereta yang sangat vital di jerman. Bangunan ini terdiri dari logam dan panel kaca yang memungkinkan cahaya matahari bersinar ke dalam gedung.
Spoilerfor PIC:

Spoilerfor #9 Kuala Lumpur Railway Station, Malaysia:

Spoilerfor #8 North Park Cable Way, Austria:
North Park cable way adalah salah satu stasiun terbesar di Austria yang terletak di Kota Innsbruck. Konstruksi arsitektur bangunan North Park Cable Way ini dirancang oleh studio arsitek Zaha Hadid. Atap bangunan stasiun ini dibuat seperti bentuk gelombang yang abstrak dan menambah kesan futuristik stasiun kereta ini.
Spoilerfor PIC:

Spoilerfor #7 La Gare de Strasbourg, Perancis:
Stasiun kereta La Gare de Strasbourg dirancang pada tahun 1883 oleh seorang arsitek asal Berlin bernama Johann Jacobsthal, lalu direnovasi lagi pada tahun 2007. Dalam renovasi ini, ditambahkan rangka kaca serta 120 meter konstruksi kaca di bagian luar, sehingga stasiun ini nampak bagaikan permata yang bersinar bila diterpa oleh sinar matahari.
Spoilerfor PIC:

Spoilerfor #6 Stasiun Kanazawa, Jepang:
Arsitektur pertama yang akan dilihat oleh pengunjung di stasiun ini adalah gerbang besar setinggi 14 meter layaknya gerbang tradisional ala Jepang. Di dalam stasiun, anda akan melihat arsitektur yang paling mengesankan yakni Kubah yang mencakup bagian yang menghubungkan bagian timur dan barat terdiri dari 3.000 panel kaca. Stasiun ini juga dikenal sebagai stasiun yang memadukan gaya tradisional berbasis kayu dengan arsitektur modern berbasis logam.
Spoilerfor PIC:

Spoilerfor #5 Southern Cross Station, Australia:
The Southern Cross Station adalah stasiun kereta yang terletak di Melbourne. Sebagai salah satu stasiun kereta paling vital di Australia, tak heran arsitektur bangunan stasiun ini sangat mengesankan. Hal paling menarik dari bangunan ini adalah atap bergelombang. Karena mengesankanya, Stasiun ini sampai dianugerahi Lubetkin Prize oleh the Royal Institute of British Architects, yaitu sebuah penghargaan untuk bangunan baru berarsitektur tinggi yang terletak di luar Uni Eropa.
Spoilerfor PIC:

Spoilerfor #4 Estacion de Atocha, Spanyol:
Pernahkah agan ngeliat hutan di dalam stasiun, jika belum pernah, silahkan kalian mengunjungi Estacion de Atocha di Spanyol. Karena di dalam stasiun ini dibuat sebuah miniatur taman yang menyerupai hutan rimba untuk menambah kesan alam di stasiun ini. Stasiun ini awalnya dibuat pada tahun 1851, kemudian pada tahun 1992, mulailah ditambahkan hutan mini seluas 4.000 meter karya Rafael Moneo.
Spoilerfor PIC:

Spoilerfor #3 Chhatrapati Shivaji Terminus,India:
Stasiun yang terletak di kota Mumbai dan merupakan salah satu stasiun tersibuk di India. Chatrapati Shivaji Terminus dirancang oleh Frederick William Stevens, seorang arsitek Inggris. Nilai arsitektur tinggi karena adanya pembauran dua model arsitektur yaitu antara model gothic barat dengan model India tradisional, sehingga dinilai mem punyai nilai lebih bagi dunia arsitektur abad ke-19an. Pada tahun 2004 stasiun ini ditulis di daftar situs Warisan Dunia sebagai salah satu bangunan warisan dunia..
Spoilerfor PIC:

Spoilerfor #2 Antwerpen Central Station, Belgia:
Stasiun ini dibangun antara tahun 1895 – 1905. Kereta Api Katedral. Stasiun kereta ini mempunyai bentuk bangunan yang unik seperti gereja dengan kubah besar di atapnya, serta kubah kecil di sisi-sisi pojok bagian atas bangunan. Tak heran jika masyarakat luas lebih sering menyebut stasiun ini sebagai stasiun kereta Katedral.
Spoilerfor PIC:

Spoilerfor #1 St Pancras Station, Inggris:
Stasiun kereta ini terletak di London Inggris dan dibangun antara tahun 1864 – 1868. Arsitektur bangunan ini sangat mengesankan, sesuai tahun pembuatanya. Bangunan ini mempunyai suasana kuno yang sangat kental, dengan arsitektur khas Britania serta dipadukan dengan gaya Gothik terang. Di stasiun ini juga terdapat dua patung setinggi 9 meter yang terbuat dari perunggu. Di stasiun ini pulalah terdapat bar sampanye terpanjang di dunia.
Spoilerfor PIC:

Windows 8 Dua Kali Lebih Cepat dari Windows XP


Microsoft hingga kini terus mendesak para pengguna agar mendepak Windows XP dan beralih pada versi Winows terbaru secepat mungkin, namun banyak yang tidak peduli meski Microsoft akan menghentikan semua dukungan terhadap XP mulai April 2014. Banyak pengguna percaya Windows XP tetap merupakan salah satu versi Windows terbaik saat ini, dengan alasan performa OS tersebut cukup cepat, ringan, aman dan handal.

Namun laporan terbaru yang dirilis Troy Hunt seorang arsitek software sekaligus Microsoft MVP mengungkapkan, performa Windows 8 hampir dua kali lebih cepat dari Windows XP pada laptop yang telah berusia 7 tahun.

Dalam postingnya Hunt mengungkapkan, dirinya mengakui umumnya software baru memerlukan sumber daya lebih besar, namun pengalamannya dengan Windows 8 selalu lebih cepat dari Windows 7 pada hardware yang sama. Sementara Windows XP kini tidak pernah benar-benar setajam Windows 8 pada perangkat komputer lama sekalipun.

Hunt menggunakan laptop Lenovo T60 dengan CPU Intel Core Duo 1.83GHZ, RAM 1GB serta sebuah hardisk 7200RPM untuk membandingkan performa kedua sistem operasi tersebut. Hasilnya menurut Hunt cukup mengejutkan.

Windows 8 hanya perlu proses instal selama 24 menit 55 detik, sementara Windows XP butuh waktu 26 menit 12 detik untuk menuntaskan proses instalasi. Waktu booting Windows 8 tercatat hanya 6 detik, jauh lebih cepat dari XP yang waktu loadingnya mencapai 17 detik.

Ketika membuka dokumen Word sekaligus PDF Windows 8 hanya butuh waktu 3.4 detik, sementara XP masing-masing butuh 4.3 dan 2.8 detik untuk menyelesaikan kedua proses. Selain itu, sistem operasi Windows terbaru pada konfigurasi hardware tersebut mampu memuat file Photoshop hanya dalam 16.5 detik, sementara Windows XP membutuhkan waktu 41.5 detik.

Sedangkan Windows 8 mengumpulkan total 407.5 point dalam pengujian kinerja menggunakan PassMark Performance Test, sementara Windows XP hanya berhasil meraih skor final 365.5 point. Berikut video perbandingan performa kedua sistem operasi tersebut 

21 February, 2013

Seni Memang Tak Berbatas - Lilitan Rambut Rontok Di Sulap



Jika biasanya sisa-sisa rambut hanya digunakan sebagai material untuk wig atau bulu mata, coba lihat kalung yang melilit di leher ini. Kalung ini juga terbuat dari helai rambut. Sekilas seperti bahan renda yang menempel. Terinspirasi dari gaya Victorian, kalung ini murni dibuat dengan teknik pengerjaan tangan. Membentuk sebuah perhiasan indah.



Adalah Kerry Howley, seorang desainer perhiasan sang pemilik ide. Ia berpendapat  bahwa wanita seharusnya memiliki rambut di dada mereka, namun berbentuk perhiasan.
Setiap tahunnya, manusia menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai produk rambut seperti shampoo, conditioner, vitamin, dan sebagainya hanya untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Namun ketika rambut sudah rontok atau dipotong, maka manusia seolah tidak membutuhkan rambut mereka lagi. Hal ini lah yang membuat Kerry mengeksplor keindahan sisi lain dari rambut yang sudah tidak terpakai.



"Saya ingin mengetahui apakah ia dapat membuat rambut yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang lebih menarik lagi," ungkap Kerry di website pribadinya. Menggunakan bentuk umum sebuah kalung serta pola dan simetri yang menarik, Kerry telah menciptakan kerajinan tangan yang seimbang diantara keanehan dan keindahan bagi orang yang melihatnya.
Seniman asal kota London ini memenangkan sebuah kontes bertema "Attraction/Aversion" dengan membuat kalung ini. Walaupun ia menggunakan material yang aneh, namun kalung rambut ini dapat ia sulap menjadi sangat menarik dan tentu saja sangat indah. Butuh keahlian, ketelitian serta ketekunan yang tinggi untuk menciptakan perhiasan seperti ini.  (eh)


Pohon Bukanlah Penyumbang Oksigen Terbesar



Kalau jawaban kalian adalah pohon, oops!!! maaf, masih salah. Pohon adalah 'salah satu' penyumbang oksigen, akan tetapi hanya sebesar 20% untuk bumi. Pohon berguna untuk mitigasi (mengurangi) karbondioksida yang ada di bumi.

Jadi untuk mengurangi dampak pemanasan global, tanamlah pohon agar CO2 nya dapat dimanfaatkan oleh pohon. Karena nilai wajar dari CO2 adalah 0,1% di bumi ini, tetapi tahun 2010 ini kadar CO2 di atmosfer bumi sudah mencapai 0,3%. Wow!!!





Jadi, jawaban yang benar adalah Plankton, khususnya adalah Fitoplankton. Plankton didefinisikan sebagai organisme hanyut apapun yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan badan air tawar.

Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik.

Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Walaupun termasuk sejenis benda hidup, plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya.




Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup.

Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan bila ikan banyak terdapat di pesisir pantai. Itulah sebabnya kegiatan menangkap ikan aktif dijalankan di kawasan itu.

Selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari tumbuhan. Jika dilihat menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton. Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan ikan paus.

Plankton adalah organisme yang menyumbang 80% kebutuhan oksigen yang ada di bumi ini.
Dengan kemampuannya berespisari menghasilkan gelembung-gelembung oksigen yang terdapat di dalam laut, oksigen tersebut terlepas ke udara dan menjadi gas yang bisa kita nikmati sekarang.



Para ilmuwan dari Amerika Serikat menemukan plankton secara tidak langsung dapat membuat awan yang dapat menahan sebagian sinar matahari yang merugikan. Sehingga plankton bisa membantu memperlambat proses pemanasan bumi.




Dierdre Toole dari Institusi Oceanografi Woods Hole (WHOI) dan David Siegel dari Universitas California, Santa Barbara (UCSB) adalah dua peneliti itu.
Penelitian yang dibiayai oleh NASA tersebut mengungkapkan ketika matahari menyinari lautan, lapisan atas laut (sekitar 25 meter dari permukaan laut) memanas, dan menyebabkan perbedaan suhu yang cukup tinggi dengan lapisan laut di bawahnya. Lapisan atas dan bawah tersebut terpisah dan tidak saling tercampur.

Plankton hidup di lapisan atas, tapi nutrisi yang diperlukan oleh plankton terdapat lebih banyak di lapisan bawah laut. Karenanya, plankton mengalami malnutrisi.

Akibat kondisi malnutrisi ditambah dengan suhu air yang panas, plankton mengalami stress sehingga lebih rentan terhadap sinar ultraviolet yang dapat merusaknya.

Karena rentan terhadap sinar ultraviolet, plankton mencoba melindungi diri dengan menghasilkan zat dimethylsulfoniopropionate (DMSP) yang berfungsi untuk menguatkan dinding sel mereka.




Zat ini jika terurai ke air akan menjadi zat dimethylsulfide (DMS). DMS kemudian terlepas dengan sendirinya dari permukaan laut ke udara.
Di atmosfer, DMS bereaksi dengan oksigen sehingga membentuk sejenis komponen sulfur. Komponen sulfur DMS itu kemudian saling melekat dan membentuk partikel kecil seperti debu. Partikel-partikel kecil tersebut kemudian memudahkan uap air dari laut untuk berkondensasi dan membentuk awan.

Jadi, secara tidak langsung, plankton membantu menciptakan awan. Awan yang terbentuk menyebabkan semakin sedikit sinar ultraviolet yang mencapai permukaan laut, sehingga plankton pun terbebas dari gangguan sinar ultraviolet.

Proses ini sebenarnya telah beberapa tahun dipelajari di laboratorium oleh para ilmuwan, namun proses alamiahnya baru kali ini dapat dipelajari.

Awan yang disebabkan oleh plankton ini, dipercaya dapat memperlambat proses pemanasan bumi, serta memiliki efek besar tehadap iklim bumi. Namun, untuk membuktikan hal tersebut, masih harus dilakukan penelitian lanjutan yang seksama.

Penelitian yang dilakukan di Laut Sargasso, lepas pantai Bermuda ini juga menemukan secara mengejutkan bahwa partikel DMS ini dapat terurai dengan sendirinya di udara setelah tiga sampai lima hari saja. Padahal, karbondioksida di udara, dapat bertahan hingga berpuluh-puluh tahun.

Karena penguraian alamiah DMS sangat cepat, DMS tidak akan menimbulkan efek rumah kaca, tidak seperti karbondioksida.

Jadi bersyukurlah karena mereka kita masih bisa menghirup udara dengan bebas untuk kelangausngan hidup. Lalu yang terpenting dan terutama, bersyukurlah karena Tuhan-mu telah menciptakan mereka.






14 February, 2013

Patung Berusia 200.000 Tahun ada di Bulan



Sebuah catatan saintis baru saja dirilis yang membuktikan bahwa permukaan bulan pernah dihuni kehidupan cerdas. Hal itu dibuktikan dari penemuan sebuah arca 10 inci di atas batu karang bulan.

Pakar Geologi dr. Morris Charles mengungkapkan beberapa waktu lalu bahwa para ilmuwan daru laboratorium NASA telah membawa sebuah batu dari misi Apollo 11 40 tahun silam, tahun 1969. dr. Charles adalah seorang ilmuwan dari NASA selama 23 tahun sebelum akhirnya mengundurkan diri.
Tapi ia tetap menjaga hubungan dengan lembaga tempat ia bekerja dulu.

[SPOILER=ARCA PATUNG]

Figur arca itu menggugah rasa keingin tahuan kita. Artinya pada suatu waktu atmosfer di bulan sangat mendukung kehidupan. Lebih dari itu, arca itu juga menunjukkan dari rasa estetika seni yang indah dari orang-orang yang membuatnya,kata dr.Charles kepada reporter.
Arca yang disebut sebagai Angel atau bidadari itu terbuat dari kombinasi besi khususditemukan ekslusif di sebuah tempat di ketinggian di bulan.
Angel adalah arca bersosok perempuan memiliki
sayap di bagian belakang dan rambut bergelombang panjang.
Ada kemungkinan arca angel didatangkan dari planet lain. Berdasar analisis kimia logam, pakar Geologi menduga bahwa arca itu berusia lebih dari 200.000 tahun, yang berarti kemungkinan ia dibuat 170.000 tahun sebelum spesis manusia muncul di bumi.

Dr. Miles Fredericks dari Universitas New York menyebutkan teori tentang legenda orang Sumeria
yang menyebutkan Annunaki, dewa-dewa bersayap, yang berasal dari abad 18 SM.Mungkin orang Sumeria pernah dikunjungi penghuni bulan, yang sosoknya dijadikan imej dari arca Angel.
Walaupun banyak yang memikirkan misteri figur Angel tetapi sebagian orang menyayangkan mengapa
rahasia itu disimpan begitu lama. Artifak ini telah menjadi rahasia umum di kalangan dalam NASA selama bertahun-tahun.
Tapi pejabat tinggi NASA menyimpan rahasia ini untuk mencegah kepanikan
dunia.


source

Peruntungan di Tahun Ular Air (Gui Si)



Banyak yang mengira bahwa tahun Ular Air dimulai pada 10 Februari 2013 bersamaan dengan datangnya tahun baru Imlek. Sebenarnya hal itu salah.



Menurut perhitungan ilmu feng shui, Tahun Ular Air dimulai pada 4 Februari 2012 jam 00:14. Hal ini disebabkan perhitungan tahun baru Imlek berdasarkan kalender bulan (Lunar Chinese Calender), sementara perhitungan ilmu feng shui berdasarkan kalender matahari (Solar Chinese Calender).

Jadi, bayi yang lahir antara 4 Februari 2013 jam 00:14 telah memiliki Shio Ular, walaupun tahun baru Imlek baru akan dirayakan pada 10 Februari 2013.

Tahun Ular kali ini disebut Tahun Ular Air, karena batang langit berunsur air negatif (Gui) dan cabang bumi berunsur api negatif (Si). Dalam istilah akademik pada ilmu feng shui disebut tahun ‘Gui Si’.

Batang langit air negatif dengan cabang bumi api negatif memiliki hubungan yang destruktif, karena air memadamkan api, sehingga tahun ini memberikan gambaran adanya ketidak harmonisan dalam kehidupan di bumi, namun ketidakharmonisan ini relatif lebih baik dibanding dengan tahun Naga Air pada tahun 2012.

Pada Tahun Naga yang akan segera berlalu ini, terlihat banyaknya bencana alam yang terjadi. Ini tidak lain karena pada Tahun Naga terjadi konflik elemen antara air dengan tanah, dimana kedua elemen menjadi teraktifkan.

baca: Tahun Ular Air Penuh Ketidakpastian



Prediksi di Tahun Ular Air
Beberapa prediksi Tahun Ular Air yang bisa saya sampaikan antara lain, bahaya yang lebih mengancam bukan datang dari bencana alam, melainkan pertikaian yang melibatkan ideologi dan agama, serta terlihat peran militer maupun pejabat pemerintahan yang agak lemah. Begitu juga dengan bahaya air dan bahaya api.

Pada tahun 2013 ini diperkirakan curah hujan tidak lagi setinggi tahun 2012, karena sifat cabang bumi Si (ular) yang bersifat api, musim hujan akan lebih pendek dari pada tahun Naga Air. Bulan Januari yang masih termasuk tahun Naga memang masih memiliki curah hujan yang cukup tinggi, tetapi dengan masuknya bulan Februari, maka curah hujan akan mengecil dan pada bulan April kita sudah akan memasuki musim semi yang agak panas

Musim panas akan semakin tinggi pada bulan Mei dan bulan Juni. Pada bulan oktober kita akan segera memasuki musim hujan dan berpuncak pada bulan November.

Bidang Usaha Paling Prospektif 
Bidang usaha yang berunsur air mengalami masa yang cukup baik, karena unsur air dari batang langit Gui memberikan suport yang bagus dan cabang bumi Si membawa dampak positif bagi meningkatnya penghasilan dari bidang usaha berunsur air. Bidang usaha yang berunsur air antara lain: bisnis kafe, transportasi, travel, air minum, dan laundry.

Bidang usaha yang berunsur kayu, sesuai teori five element: air melahirkan kayu, artinya dengan adanya air, bisnis yang berunsur kayu akan tumbuh, dan unsur api dari cabang bumi melambangkan tingginya produktivitas bidang usaha ini. Bidang usaha yang masuk kategori bisnis kayu, antara lain: tekstil, furnitur, pendidikan, dan perkebunan.

Bidang usaha yang berunsur logam perlu hati-hati. Walaupun air yang terdapat pada batang langit Gui melambangkan produktivitas, tetapi unsur api yang berada pada cabang bumi Si agak berbahaya bagi bidang usaha berunsur logam. Bidang usaha yang masuk kategori bisnis logam, antara lain: perbankan, industri otomotif, industri perhiasan, dan industri elektronik.

Bidang usaha yang berunsur tanah, pada Tahun Ular Air ini bisa dikatakan bagus, karena kemungkinan meraup keuntungan yang banyak. Selain itu, dengan hadirnya elemen api juga memberikan suport yang memperkuat bidang usaha berelemen tanah. Bidang usaha yang termasuk kategori bisnis tanah antara lain: industri properti, industri pendukung properti, pertambangan, dan perhotelan.

Bidang usaha yang berunsur api pada Tahun Ular Air ini akan jauh lebih baik dari pada Tahun Naga Air, karena kehadiran unsur api pada cabang bumi Si. pada Tahun Ular Air, saya menyarankan agar bagi mereka yang memiliki bisnis berunsur api untuk melakukan konsolodasi dan memperkuat kekuatan internal untuk menghadapi situasi dan kondisi yang lebih kondusif pada tahun 2013. Bidangusaha yang termasuk kategori bisnis api antara lain: industri energi, restoran, fashion, fotografi, dan seni.

Demikian pembahasan tentang feng shui Tahun Ular Air bagian pertama. Di artikel kedua, saya akan menjabarkan seputar peruntungan di Tahun Ular Api, berdasarkan arah hadap rumah. 

"Save the earth, optimize your earth luck, be equilibrium"


Tahun Ular Air yang Penuh Ketidakpastian




Baca: Peruntungan di Tahun Ular Air


Menurut ilmu feng shui metode flying star, bintang yang beredar di 2013 adalah bintang nomor 5. Bintang tahunan angka 5 yang berlaku sejak tanggal 4 Februari 2013 jam 00:07 hingga 4 Februari 2014 jam 05:57 ini memberikan efek hadirnya banyak hal ekstrem.
Bintang tahunan tahun ini adalah angka 5 yang melambangkan ketidak-pastian. Angka 5 disebut juga angka tanpa arah karena pada dasarnya angka lima ini memang terletak pada kotak tengah pada kotak Lo Shu dasar. Ketidak-pastian akan berbahaya bagi mereka yang tidak berhati-hati dan sering bersikap ceroboh, sebaliknya akan menjadi kesempatan bagus bagi mereka yang penuh perhitungan dan mengambil langkah antisipasi yang tepat.
Bintang angka 5 ini apabila bersifat “yang” maka dia akan melambangkan putra bungsu, apabila bersifat “yin” maka akan melambangkan seorang ibu. Karena itu, pada 2013 ini, sisi negatifnya agak mempengaruhi orang untuk bersikap pemberontak (rebel) dan tidak taat hukum, cenderung tidak mau diatur. Sisi positifnya, orang cenderung lebih pemaaf dan ‘ngemong’ serta lembut.
Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan pada tahun ular air ini antara lain: Posisi Grand Duke of Jupiter yang hadir pada sektor tenggara, year breaker yang hadir pada sektor barat laut, three killing yang jatuh pada sektor timur, dan posisi five yellow yang jatuh pada sektor tengah. Sektor-sektor ini sebaiknya tidak teraktifkan oleh pekerjaan tanah. Posisi-posisi ini sebaiknya tidak dijadikan posisi yang pertama kali diketok apabila melakukan pekerjaan renovasi maupun konstruksi, karena akan membangkitkan energi berbahaya yang menyebabkan kerugian yang tidak perlu terjadi, baik berupa materi maupun luka fisik.



Perhatikan Sektor dan Arah Hadap Rumah

Berdasarkan hasil perhitungan peredaran bintang tahunan yang berlaku untuk tahun ular air, sektor paling berbahaya dalam rumah adalah sektor tengah, karena kehadiran five yellow yang melambangkan bencana. Apabila sektor ini teraktifkan akibat pekerjaan renovasi maupun konstruksi, akan memberikan kerugian baik materi maupun fisik. Hindarilah semaksimal mungkin untuk tidak mengaktifkan sektor ini dengan melakukan ketok-ketok maupun gali-gali tanah.

Sektor kedua yang berbahaya adalah barat daya yang kedatangan bintang nomor 2 yang melambangkan penyakit. Rumah dengan pintu utama menghadap barat daya disarankan untuk memiliki gaya hidup sehat. Istirahat yang cukup dan mengonsumsi suplemen yang diperlukan agar badan dapat tetap prima.

Adapun sektor timur yang kedatangan bintang tahunan nomor 3 perlu waspada terhadap terganggunya keharmonisan. Bintang nomor 3 ini memberikan efek percekcokan yang tinggi, karena itu bagi rumah yang memiliki pintu utama menghadap arah timur, perlu lebih menahan diri. Hindarilah percekcokan semaksimal mungkin, sehingga tidak membuang waktu dan energi menghadapi permasalahan pertikaian yang tidak perlu.

Bintang tahunan nomor 7 jatuh pada sektor barat. Bagi rumah dengan pintu utama menghadap arah barat perlu hati-hati terhadap permasalahan hukum dan juga kompetisi yang tidak sehat. Rapikanlah administrasi Anda dan juga semua dokumentasi perjanjian agar terhindar dari masalah hukum.

Bagi rumah dengan pintu utama menghadap arah barat laut akan menikmati peningkatan kharisma, walaupun kadang bisa merasakan kesepian di tengah keramaian.

Rumah yang pintu utamanya menghadap arah tenggara akan menikmati suasana kehidupan yang romantis. Bagi mereka yang masih lajang akan menemukan kesempatan besar bagi datangnya pendamping. Rumah ini juga memberikan efek peningkatan prestasi akademik bagi putra-putri yang masih sekolah.

Bintang tahunan nomor 1 yang memberikan efek sifat yang bijak, kreatif, dan finansial yang bagus, hadir pada rumah dengan pintu utama menghadap utara. Manfaatkanlah sebaik-baiknya kesempatan bagus yang datang ini.

Sektor selatan kedatangan bintang tahunan nomor 9 yang memberikan efek datangnya banyak kesempatan bagus. Karena itu, rumah dengan pintu utama menghadap selatan akan mendapat banyak penawaran bisnis yang menarik. Pilihlah tawaran bisnis yang dapat Anda tangani dengan baik, sehingga memberikan hasil yang optimal.

Tahun ini, arah paling baik didapat oleh rumah dengan pintu utama menghadap timur laut, karena kedatangan bintang tahunan nomor 8 yang melambangkan kesuksesan finansial. Rumah yang menghadap timur laut akan menikmati tingkat kesejahteraan yang relatif lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

13 February, 2013

Inilah 7 Wilayah Perairan yang Penuh Misteri


Kapal yang menghilang tiba-tiba, pesawat yang mendadak jatuh, sering terjadi di wilayah tertentu di sebuah perairan, entah laut atau danau yang besar. Peristiwa ini menimbulkan banyak cerita misteri yang belum terungkap.
Yang sangat terkenal tentunya kawasan Segitiga Bermuda. Namun sebenarnya masih banyak tempat lain yang juga menyimpan cerita-cerita aneh. Inilah 7 daftar yang tercatat.

1. Segitiga Bermuda Atlantik


Segitiga setan yang paling terkenal tentunya adalah segitiga Bermuda Atlantik. Kawasan ini dihubungkan oleh titik-titik imajiner yang berlokasi di Miami, Puerto Rico dan Bermuda.
Misteri yang terjadi di kawasan ini tentunya sudah tak terhitung. Banyak sekali pesawat dan kapal hilang sia-sia saat melintasinya. Pencarian pun seolah tak membawa hasil.
Berbagai spekulasi muncul tentang fenomena ini. Ada yang bilang pesawat dan kapal itu masuk dalam lubang hitam raksasa di lautan, masuk dimensi lain atau ditangkap oleh alien. 

2. Segitiga Michigan


Segitiga Michigan merujuk pada sebuah danau yang terletak di Amerika Serikat. Danau ini mulai dianggap mistis setelah kapten George Donner menghilang misterius saat menambang batubara pada tahun 1937.
Tiga belas tahun kemudian, pesawat Northwest Airlines 2501 yang membawa 55 penumpagn dan tiga kru hilang tanpa jejak. Pesawat tersebut seolah menghilang begitu saja di udara. Bangkai pesawat tak pernah ditemukan dan menyisakan misteri tak terjawab.
Beberapa saksi mata juga mengaku pernah melihat benda-benda aneh mirip pesawat beterbangan di sekitarnya. 

3. Perairan Sargasso


Perairan Sargasso memang masih bertetangga dengan segitiga Bermuda. Kawasan ini memiliki suhu hangat walaupun berlokasi di kawasan samudra Atlantik yang terkenal dingin dan membekukan. Namun yang paling penting, kawasan ini juga tak kalah mengerikan!
Sejumlah kapal sering ditemukan tanpa awak di wilayah yang dipenuhi Sargassum ini. Salah satu korbannya adalah kapal Rosalie yang berlayar pada tahun 1840. Setelah beberapa lama menghilang, kapal ini ditemukan mengelilingi lautan dalam kondisi tanpa awak dan tanpa mayat.

4. Lautan Iblis / Segitiga Naga


Kawasan ini terletak di kawasan samudra Pasifik, tepatnya di sekitar pulau Miyake, Jepang. Letaknya kurang lebih 100 kilometer dari kota Tokyo. Legenda Jepang kuno menyebutkan bahwa kawasan ini memang dihuni oleh sejumlah naga, sehingga dinamai segitiga naga.
Jepang sempat kehilangan lima kapal militer di wilayah ini. Study pun sempat dilakukan di sini antara tahun 1952 hingga 1954. Akhirnya Jepang sampai pada satu kesimpulan bahwa kawasan ini berbahaya.

5. Segitiga Alaska


Segitiga Alaska dianggap bertanggung jawab atas hilangnya 16.000 sejak tahun 1998. Setiap tahun, sedikitnya 4 dari 1000 orang Alaska dinyatakan hilang tanpa jejak di kawasan ini.
Tak hanya makan korban individu, kawasan ini juga memakan korban kapal dan pesawat. Banyak ahli yang berpendapat bahwa mereka hilang akibat medan magnet yang terlalu kuat di kawasan tersebut.

6. Los Roques, Karibia


Kapal yang ditumpangi Vittorio Missoni dan lima awaknya lenyap tanpa jejak di perairan Los Roques, Karibia. Hilangnya kapal ini langsung dikaitkan dengan kutukan segitiga bermuda. 
Dugaan itu bukan tanpa dasar. Sejak tahun 1990an, kawasan ini beberapa kali memakan korban secara misterius. Peristiwa yang sama juga terjadi pada tahun 2008, di mana bangkai kapal sama sekali tak ditemukan. Orang pun beranggapan bahwa kawasan ini adalah segitiga Bermuda paling muda saat ini.

7. Segitiga Masalembo, Indonesia


Masih ingat dengan tragedi misterius hilangnya pesawat Adam Air di awal tahun 2007? Pesawat yang memuat 102 orang tersebut lenyap tak berbekas saat dalam dalam perjalanan Surabaya ke Manado. Pesawat itu baru ditemukan empat tahun kemudian di Siompu, Buton, Sulawesi Tenggara.
Segitiga Masalembo berada di kawasan laut antara pula Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Bukan hanya Adam Air saja yang sempat tertelan di lautan Masalembo. KMP Senopati dan Kapal Tampomas juga hilang di kawasan

11 February, 2013

Imlek di Indonesia



Aslinya Imlek atau Sin Tjia adalah sebuah perayaan yang dilakukan oleh para petani di Cina yang biasanya jatuh pada tanggal satu di bulan pertama di awal tahun baru. Perayaan ini juga berkaitan dengan pesta para petani untuk menyambut musim semi. Perayaan ini dimulai pada tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir pada tanggal 15 bulan pertama. Acaranya meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta, dan perayaan Cap Go Meh. Tujuan dari persembahyangan ini adalah sebagai wujud syukur dan doa harapan agar di tahun depan mendapat rezeki lebih banyak, untuk menjamu leluhur, dan sebagai sarana silaturahmi dengan kerabat dan tetangga.
Karena perayaan Imlek berasal dari kebudayaan petani, maka segala bentuk persembahannya adalah berupa berbagai jenis makanan. Idealnya, pada setiap acara sembahyang Imlek disajikan minimal 12 macam masakan dan 12 macam kue yang mewakili lambang-lambang shio yang berjumlah 12. Di Cina, hidangan yang wajib adalah mie panjang umur (siu mi) dan arak. Di Indonesia, hidangan yang dipilih biasanya hidangan yang mempunyai arti "kemakmuran," "panjang umur," "keselamatan," atau "kebahagiaan," dan merupakan hidangan kesukaan para leluhur.

Fakta Unik Yang Hanya Ada Dinegara Jepang

1. Di Jepang, angka “4″ dan “9″ tidak disukai, sehingga sering tidak ada nomer kamar “4″ dan “9″. “4″ dibaca “shi” yang sama bunyinya dengan yang berarti “mati”, sedang “9″ dibaca “ku”, yang sama bunyinya dengan yang berarti “kurushii / sengsara”.


Asal Mula Perayaan Tahun Baru Imlek


Ada sebuah legenda kuno yang mengisahkan asal usul tradisi perayaan Imlek di Tiongkok, begini ceritanya :
Dahulu kala ada seekor monster jahat yang memiliki kepala panjang dan tanduk yang tajam. Monster yang bernama nian ini sangat ganas, dia berdiam didasar lautan, namun setiap tahun baru dia muncul kedarat untuk menyerang penduduk desa dan menelan hewan ternak. Oleh karena itu setiap menjelang tahun baru, seluruh penduduk desa selalu bersembunyi dibalik pegunungan untuk menghindari serangan monster nian ini.

Inilah 5 Kota dengan Perayaan Imlek Paling Meriah di Dunia



Jakarta - Tahun Baru China atau Imlek menjadi salah satu perayaan paling meriah. Tak hanya di China, beberapa negara pun merayakan Imlek dengan sangat meriah. Inilah 5 kota di dunia dengan perayaan Imlek paling meriah. Dimana saja?

Banyak Mitos Beredar tentang Tahun Baru China


Perayaan Imlek, saatnya pergantian tahun dalam kalender China. Ini berarti memulai awal kehidupan baru dengan harapan menjadi lebih baik lagi di tahun berikutnya. Beberapa mitos pun beredar dan dipercayai oleh para warga etnis Tionghoa.

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS