Hunian 68

11 February, 2013

Inilah 5 Kota dengan Perayaan Imlek Paling Meriah di Dunia



Jakarta - Tahun Baru China atau Imlek menjadi salah satu perayaan paling meriah. Tak hanya di China, beberapa negara pun merayakan Imlek dengan sangat meriah. Inilah 5 kota di dunia dengan perayaan Imlek paling meriah. Dimana saja?


10 Februari 2013 ini, etnis China bersiap merayakan Imlek. Memasuki Tahun Ular, berbagai pesta perayaan Imlek pun mulai dipersiapkan. Berikut adalah 5 kota di dunia dengan perayaan Imlek paling meriah, dikutip dari situs Travelbite, Selasa (5/2/2013):



1. Beijing, China



Selain sebagai Ibukota China, Beijing menjadi pusat perayaan Imlek. Perayaan Imlek di negara ini meliputi, Festival Musim Semi, Peking Opera, akrobat, dan menampilkan kebudayaan minum teh. Setiap Imlek tak ada yang lebih populer dari Temple Fair.



Selama Festival Musim Semi, diawali dengan berbagai ritual keagamaan di kuil. Pada hari itu juga menampilkan hiburan, kesenian tradisonal, kerajinan, dan banyak kuliner. Tidak hanya itu, mereka yang merayakan Imlek juga akan menyanyi dan menari dalam kemeriahan Imlek. 



Acara yang tidak kalah seru selama Imlek di Beijing adalah mengadakan beberapa pameran kelenteng. Pameran kelenteng yang populer, seperti Ditan Park Fair, Baiyunguan Temple Fair dan Changdian Temple Fair.



2. Hong Kong



Hong Kong pun tak lepas dari incaran wisatawan yang merayakan Imlek sambil liburan. Salah satu acara paling terkenal dan meriah untuk merayakan Imlek adalah The Cathay Pacific International Chinese New Year Parade Night.



Tanggal 10 Februari nanti, acara ini akan dilaksanakan dengan tema 'World City, World Party'. Parade yang mengapung ini, juga disertai dengan pertunjukkan spektakuler termasuk atraksi kung fu dari Shaolin China dan jangkungan dari Belanda. Acara yang mengambil rute di Tsim Sha Tsui ini akan dipenuhi sorak sorai dan menciptakan suasana layaknya karnaval.



3. Singapura



Singapura menyambut datangnya Tahun Ular dengan mengadakan Chingay Parade. Dalam beberapa tahun terakhir, festival ini telah berkembang dalam pengaruh Asia dan global. Dengan sekitar 2.000 pemain yang berasal dari berbagai klub dan sekolah, tampil menggunakan kostum warna-warni. Parade ini pun dikenal sebagai Festival Mardi Gras dari Timur.



Parade untuk tahun ini mengambil tema 'Fire in Snow'. Tema ini memperlihatkan tentang kekuatan dan semangat manusia dalam menghadapi tantangan kehidupan. Api yang mewakili kekuatan dan semangat. Sedangkan salju melambangkan perjuangan dan kesulitan yang dikalahkan dengan api sebagai cahaya harapan.



Chingay Parade akan berlangsung mulai tanggal 22-23 Februari 2013. Singapura pun siap menyajikan perayaan Imlek paling meriah dan mengesankan.



4. San Francisco, AS



San Francisco di AS dikenal sebagai salah satu kota di luar Asia yang merayakan Imlek dengan meriah. Mulai pada tahun 1860, orang China mengombinasikan kebiasaan mereka dengan tradisi Amerika melalui parade untuk satu perayaan Imlek terbaik di dunia.



Acara yang dilakukan mulai dari penobatan Miss Chinatown USA sampai Golden Dragon sepanjang 250 meter. Dibutuhkan lebih dari 100 pria dan wanita dari kelompok seni bela diri, White Crane, untuk membawa naga ini melewati jalan. San Francisco bisa menjadi destinasi pilihan untuk liburan Imlek Anda.



5. London, Inggris



Selain San Francisco, Kota London di Inggris juga menjadi salah satu destinasi di luar China yang merayakan Imlek dengan meriah. Setiap tahunnya, ribuan masyarakat London pergi ke West End untuk mengucapkan "Gong Xi Fat Chai" kepada satu sama lain.



Perayaan akan dimulai pada pagi hari tanggal 10 Februari 2013 dengan Parade Tahun Baru di West End. Kemudian, lanjut sampai ke tujuan akhir di Trafalgar Square. Dekorasi bergaya Chinatown, naga khas China, tarian singa, dan pertunjukan kembang api menghiasi daerah tersebut.

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS