Hunian 68

26 February, 2013

Windows 8 Dua Kali Lebih Cepat dari Windows XP


Microsoft hingga kini terus mendesak para pengguna agar mendepak Windows XP dan beralih pada versi Winows terbaru secepat mungkin, namun banyak yang tidak peduli meski Microsoft akan menghentikan semua dukungan terhadap XP mulai April 2014. Banyak pengguna percaya Windows XP tetap merupakan salah satu versi Windows terbaik saat ini, dengan alasan performa OS tersebut cukup cepat, ringan, aman dan handal.

Namun laporan terbaru yang dirilis Troy Hunt seorang arsitek software sekaligus Microsoft MVP mengungkapkan, performa Windows 8 hampir dua kali lebih cepat dari Windows XP pada laptop yang telah berusia 7 tahun.

Dalam postingnya Hunt mengungkapkan, dirinya mengakui umumnya software baru memerlukan sumber daya lebih besar, namun pengalamannya dengan Windows 8 selalu lebih cepat dari Windows 7 pada hardware yang sama. Sementara Windows XP kini tidak pernah benar-benar setajam Windows 8 pada perangkat komputer lama sekalipun.

Hunt menggunakan laptop Lenovo T60 dengan CPU Intel Core Duo 1.83GHZ, RAM 1GB serta sebuah hardisk 7200RPM untuk membandingkan performa kedua sistem operasi tersebut. Hasilnya menurut Hunt cukup mengejutkan.

Windows 8 hanya perlu proses instal selama 24 menit 55 detik, sementara Windows XP butuh waktu 26 menit 12 detik untuk menuntaskan proses instalasi. Waktu booting Windows 8 tercatat hanya 6 detik, jauh lebih cepat dari XP yang waktu loadingnya mencapai 17 detik.

Ketika membuka dokumen Word sekaligus PDF Windows 8 hanya butuh waktu 3.4 detik, sementara XP masing-masing butuh 4.3 dan 2.8 detik untuk menyelesaikan kedua proses. Selain itu, sistem operasi Windows terbaru pada konfigurasi hardware tersebut mampu memuat file Photoshop hanya dalam 16.5 detik, sementara Windows XP membutuhkan waktu 41.5 detik.

Sedangkan Windows 8 mengumpulkan total 407.5 point dalam pengujian kinerja menggunakan PassMark Performance Test, sementara Windows XP hanya berhasil meraih skor final 365.5 point. Berikut video perbandingan performa kedua sistem operasi tersebut 

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS