Hunian 68

01 December, 2016

Bukti-bukti Bahwa Alkohol Telah Jadi Minuman Bangsa Kuno

Minuman keras alias yang mengandung alkohol terbukti telah dimanfaatkan oleh manusia sejak dahulu kala. Hal ini didukung dengan beragam penemuan di berbagai daerah. Inilah lima di antaranya.
Timur Tengah
Bukti bahwa alkohol telah dikenal masyarakat Timur Tengah sejak 1700 sebelum Masehi adalah karena ditemukan gudang penyimpanan tembikar mengandung zat keasaman anggur di Israel. Ruangan tersebut berada di bawah tanah pada kedalaman lebih dari 20 kaki dengan luas yang mampu menampung 500 tembikar besar.
Yunani
Tahun 2013 lalu, arkeolog menemukan keramik kuno yang dipercaya menjadi tempat penampungan anggur. Wadah ini diprediksi telah berusia lebih dari 6.000 tahun.
Skandinavia
Ada banyak bukti bahwa bangsa Skandinavia telah mengenal bir sejak 3.500 tahun yang lalu. Mulai dari ditemukannya botol bekas minuman yang terbuat dari barley, madu, dan anggur, hingga alat pembuatan minuman alkohol yang terdapat di dekat kerangka wanita. Diyakini para wanita memiliki tugas membuat alkohol.
Tiongkok
Daratan Tiongkok dipercaya memiliki sejarah paling kuno terkait dengan minuman keras. Hal ini terbukti dari hasil penelitian kimiawi terhadap wadah-wadah tanah liat Jihua yang berusia 7.000 tahun sebelum Masehi mengandung residu beras, madu, dan buah-buahan.
Sudan
Bangsa Nubian yang hidup di Sudan meninggalkan sejarah minuman alkohol mereka melalui kerangka unik yang ditemukan oleh para peneliti. Tulang mereka ternyata dilapisi antibiotik tetrasiklin, cairan yang terbuat dari gandum. (ta)
sumber: listverse.com

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS